Diskusi Perayaan Hari HAM Internasional Region Papua Barat

Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan dimulai pada 25 November dan berakhir pada tanggal 10 Desember yang juga bertepatan dengan Peringatan Hari HAM Internasional. Berkenaan dengan itu, JKLPK Region Barat bersama lembaga mitra jaringan, yang telah memulai rangkaian kampanye sejak tanggal 25 November, mengadakan diskusi publik dengan tema “Noken adalah Identitas: Ditinjau dalam Perspektif Budaya, Perempuan, Ekonomi, Kebijakan dan Pandangan Teman Nusantara pada Jumat, minggu lalu. Narasumber diskusi adalah Abner Korwa (Greenpeace) dan Frida Klasin, (mantan anggota MRP).

Frida Klasin mengatakan menjaga dan menghormati noken adalah sama halnya dengan menjaga dan menghormati perempuan. Bagi masyarakat Papua, perempuan dan noken mempunyai nilai strategis. Jika perempuan yang memberikan kehidupan, maka noken adalah identitas orang asli papua yang juga memberi kehidupan bagi orang asli Papua. Mereka yang menghormati perempuan Papua, ia juga akan menjaga dan merawat noken. Begitu juga sebaliknya, mereka yang merusak noken, sama saja menyakiti orang asli Papua, khususnya perempuan.

Sedangkan Abner Korwa menyampaikan tentang fungsi noken. Noken adalah hasil karya mama-mama Papua. Noken merupakan hasil adaptasi manusia dengan alam. Noken dianyam seperti menggunakan rumus matematika karena hitungan sudut noken harus tepat, jika tidak ia akan sobek. Sayangnya, belakangan ini noken sebatas simbolis semata. Padahal, noken, salah satunya, memiliki fungsi ekonomis. Misalnya, untuk mengisi barang atau hasil dari kebun. Tetapi, makna noken yang lebih mendalam dalam aspek ekonomi adalah kesetaraan antara perempuan dan laki-laki. Misalnya, distribusi anggaran otonomi khusus yang setara dan adil antara perempuan dan laki-laki.

Diskusi diakhiri dengan kesepakatan untuk mendorong pemerintah daerah membuat rancangan perda khusus tentang noken. Salah satunya untuk mengatur dan menjamin noken sebagai identitas budaya orang asli Papua tidak luntur di kemudian hari.

IKUTI MEDIA SOSIAL JKLPK INDONESIA

Designed & Developed by Rivcore Corporation