Workshop Pendidikan Seks Usia Dini

Pendidikan seks masih dianggap tabu bagi sebagian orang atau kelompok. Padahal, pendidikan seks amat penting untuk, salah satunya, mencegah pelecehan seksual, terutama kepada anak dan perempuan. Kasus pelecehan seksual dapat terjadi di mana saja, termasuk di panti asuhan. Berangkat dari hal ini, JKLPK memfasilitasi Workshop Pendidian Seks Usia Dini di Panti Asuhan Harapan Bawen, Salatiga, Jawa Tengah pada Rabu-Kamis, 2-3 Agustus 2023.

Pendidikan seks usia dini kepada anak-anak sangat penting agar mereka tidak menjadi korban atau pelaku kejahatan seksual. Tidak kalah penting juga adalah memampukan anak-anakk untuk berani berkata tidak terhadap segala bujuk rayu atau bahkan berani melawan terhadap pelaku.

Kita mengetahui bahwa anak-anak merupakan kelompok rentan. Situasi rentan semakin berlapis terhadap anak-anak yang tumbuh di lingkungan panti. Sebagian dari mereka tidak mengetahui siapa orang tua kandung, atau diserahkan kepada panti karena orang tua mereka hidup miskin sehingga tidak mampu mengasuh mereka. Kehilangan orang tua dan juga orang-orang terdekat sangat berpengaruh kepada kondisi fisik dan psikologis anak-anak.

Di sisi lain, pemahaman dan pengetahuan pengasuh tentang edukasi pendidikan seks tidak memadai karena mereka sejauh ini berfokus kepada pengasuhan. Bagaimana memastikan tumbuh kembang anak berjalan dengan baik. Padahal, seiring bertumbuhnya usia anak-anak, jika tidak diperlengkapi dengan pengetahuan yang tepat tentang seks, potensi anak-anak panti menjadi korban, atau bahkan pelaku, kekerasan seksual semakin besar.

Fasilitator kegiatan ini adalah Ibu Susi Rio Panjaitan dari Yayasan Rumah Anak Mandiri, Jakarta, yang selama ini concern pada isu perlindungan anak. Pasca-pelatihan, kedua lembaga bersepakat untuk terus berkomunikasi dan berkoordinasi untuk membantu anak-anak panti. 

IKUTI MEDIA SOSIAL JKLPK INDONESIA

Designed & Developed by Rivcore Corporation