free html hit counter

Yayasan Rumah Anak Mandiri-Region Jabotabed

Yayasan Rumah Anak Mandiri - Region Jabotabed

Yayasan Rumah Anak Mandiri atau YRAM berdiri pada bulan Desember 2008 sesuai surat Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : AHU-4978.AH.01.02. Tahun 2008 tanggal 24 Desember 2008. Kiprah YRAM dalam kegiatan pendidikan dimulai dengan dibukanya Sekolah Rumah Anak Mandiri. Kesehariannya berfokus untuk melatih bina diri dan memberikan edukasi dasar mata pelajaran umum kepada anak berkebutuhan khusus (ABK), terutama anak-anak dengan spectrum autism, down syndrome, tunarungu dan anak-anak yang mengalami gangguan perkembangan umum lainnya, antara lain keterlambatan bicara, gangguan belajar, gangguan perilaku (hiperaktif dan hipoaktif).

Seiring berjalannya waktu produk jasa YRAM bertambah. Kegiatan yang awalnya hanya fokus kepada permasalahan ABK (autism, asperger syndrome, learning disability, hyperactive dan down syndrome) dengan berkembangnya fenomena persoalan pengasuhan anak yang semakin kompleks, YRAM mendapat kepercayaan menjadi narasumber membahas isu permasalahan pengasuhan kepada seluruh anak.

Kini, kehadiran YRAM di tengah masyarakat merupakan lembaga yang memberikan pelayanan kepada anak, orangtua, guru/pendidik, pendamping anak, pegiat anak dan masyarakat umum dalam bidang konseling, konsultasi, asesmen, workshop, seminar dan pusat pelatihan & pengembangan bakat minat anak. YRAM menempatkan diri menjadi rekan orang tua untuk melatih dan mengembangkan bakat minat terutama life skills anak agar kelak dapat survive.

Visi dan misi

Visi Yayasan Rumah Anak Mandiri adalah “Menjadi lembaga penyedia layanan psikoedukasi yang handal dan kredibel”. Sedangkan misinya terdiri dari tiga, yaitu (1) Melakukan konseling, konsultasi, asesmen, workshop dan seminar. (2) Melibatkan orangtua, keluarga, pendamping anak, pendidik, praktisi anak dan pemerhati anak sebagai tim untuk mencapai tumbuh kembang anak sehingga potensi utama anak dapat digali dan dikembangkan dengan optimal. Dan (3) Menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga yang memiliki tujuan yang sama khususnya di bidang psikoedukasi.

Tujuan

  1. Membantu memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk bekal kehidupan anak dalam bermasyarakat.
  2. Membantu menciptakan anak yang senang belajar dan mandiri sehingga memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan yang seimbang pada setiap aspek perkembangannya.

Alamat dan nara hubung.

Yayasan Rumah Anak Mandiri beralamat di Jl. Komplek Kimia Farma Blok E3 No. 19 Parung Serab, Ciledug 15153. Saat ini YRAM dipimpin oleh Ibu Susi Rio Panjaitan, M.Si, C.T. Komunikasi dapat melalui email: anakmandiri1708@gmail.com dan telp (62-21) 73445265.