FGD Perumusan CPP JKLPK

FGD Perumusan CPP JKLPK

Melalui aplikasi zoom meeting, Seknas JKLPK bersama partisipan yang concern  di isu anak mengadakan focus group discussion perumusan child protection policy (CPP) JKLPK pada Selasa, 2 Februari 2021. Tujuan diskusi ini adalah untuk meminta masukan awal terkait mekanisme pembuatan CPP JKLPK. Sebagai lembaga jejaring yang terlibat dalam kerja-kerja perlindungan anak, maka sudah sepantasnya JKLPK memiliki dokumen tertulis dan resmi tentang kebijakan perlindungan anak. Ruang lingkup kebijakan ini adalah seluruh stakeholder JKLPK mulai dari partisipan, pengurus region, kelompok kerja (Pokja), dan terutama staf pelaksana di sekretariat nasional sebagai implementator program.

Peserta diskusi memberikan pemikiran, pengetahuan, pengalaman dan masukan berharga sebagai bahan atau referensi bagi sekretariat nasional menyusun CPP. Seperti filosofi perlindungan anak yang mengacu pada undang-undang terkait (UU Perlindungan Anak dan Konvensi Hak Anak), mekanisme manajemen kasus, dokumentasi kegiatan, mekanisme penanganan kondisi darurat, memperhatikan aspek atau kultur organisasi (visi-misi dan nilai-nilai), mekanisme dengan lembaga jejaring atau mitra.

Satu hal yang  juga penting adalah bahwa kebijakan perlindungan anak bukan semata dimiliki atau ditujukan kepada lembaga dengan concern isu anak saja, tetapi semua organisasi seharusnya memiliki dokumen kebijakan perlindungan anak. Kenapa? Karena anak, dan juga perempuan, tidak terlepas dari kerja-kerja lembaga. Dalam setiap pelaksanaan program, pasti melibatkan atau setidaknya menyasar kelompok anak dan perempuan. Selain itu, dengan memiliki dokumen CPP, itu menunjukkan keseriusan suatu lembaga dalam melindungi hak-hak anak.

Pertemuan ini adalah tahap awal mengingat pembuatan CPP tidaklah mudah, apalagi bagi lembaga jejaring seperti JKLPK. Hasil dari pertemuan pertama ini akan dirumuskan untuk selanjutnya dibahas kembali pada diskusi berikutnya.

Yayasan Widya Asih http://www.jklpk-indonesia.org/dev/detail-partisipan/10/yayasan-widhya-asih.html

http://www.jklpk-indonesia.org/dev/detail-partisipan/10/yayasan-widhya-asih.html

IKUTI MEDIA SOSIAL JKLPK INDONESIA

Designed & Developed by Rivcore Corporation