Dialog Koordinasi Isu Perlindungan Anak

Isu perlindungan anak adalah milik kita semua. Kerja-kerja perlindungan anak tidak dapat berdiri sendiri, tidak sektoral, bukan milik satu-dua orang atau organisasi. Isu perlindungan anak memiliki spektrum luas, menyasar banyak pihak. Oleh karena itu, pekerjaan perlindungan anak memerlukan kerja keras dari banyak pihak. Dengan begitu, perluasan dan konsolidasi jejaring menjadi mutlak.

Berangkat dari pemahaman ini, PGI, dalam hal ini Biro Perempuan dan Anak,  bersama JKLPK mengadakan pertemuan dengan komisioner terpilih Komisi Perlindungan Anak Indonesia periode 2022-2027, yaitu Ibu Pdt. Sylvana Maria Apituley. Pertemuan ini berlangsung di Grha Oikumene, kantor PGI, Senin, 12 Desember 2022.

Peserta menyampaikan banyak hal. Misalnya, Ibu Intan dari Yayasan Elsafan (Region Jabotabed), yang menyuarakan perlindungan terhadap anak dengan disabilitas masih minim. Di daerahnya, di Sulawesi Tengah, masih saja terjadi kekerasan seksual terhadap anak perempuan dengan disabilitas. Korban tidak mendapat keadilan karena minimnya perhatian dari orang banyak, termasuk gereja.

Kemudian, Ibu Susi Rio Panjaitan dari Yayasan Rumah Anak Mandiri (Region Jabotabed), menyampaikan anak-anak dengan disabilitas mental belum mendapatkan perhatian serius dari masyarakat, gereja, dan negara. Sedangkan Ibu Jessica Hutting dari Kampus Diakoneia Modern menyampaikan koordinasi antara lembaga peduli anak dengan pekerja sosial di lapangan belum terorganisir dengan baik.

Begitu juga informasi dari Biro Perempuan dan Anak PGI yang menyampaikan data-data kasus kekerasan seksual kepada anak. Menyikapi hal ini, Ibu Sylvana menekankan pentingnya koordinasi yang terstruktur antara lembaga-lembaga yang concern di isu anak di bawah organisasi JKLPK, PGI, dan mitra lain untuk merespon berbagai persoalan terkait isu perlindungan anak. Hal ini mengingat daya jangkau KPAI yang terbatas, baik sumber daya manusia maupun angggaran.

Oleh karena itu, antara JKLPK, PGI, dan KPAI sepakat berkomitmen untuk terus melakukan koordinasi ke depannya untuk kerja-kerja perlindungan anak di area kebijakan (nasional-daerah) dan penguatan data.

IKUTI MEDIA SOSIAL JKLPK INDONESIA

Designed & Developed by Rivcore Corporation