Diskusi dengan CIS Timor Region NTT

Seknas melakukan diskusi dengan Circle Of Imagined Society (CIS Timor) yang diwakili oleh Harris Oematan, Direktur Eksekutif CIS Timor. Diskusi ini dalam rangka merespon dan melakukan gerak bersama JKLPK Region NTT merepon isu perubahan iklim di NTT. Sejak dahulu, Geografis NTT tergolong kering, di mana hanya 4 bulan (Januari - Maret dan Desember) terjadi musim hujan. Bahkan saat ini hujan ekstrim di NTT (menurut BMKG curah hujan tertinggi terjadi pada 6-12 Februari 2023) yang mengakibatkan banjir. Namun delapan bulan sisanya NTT akan mengalami kekeringan, akibatnya kekeringan akan terjadi merata di seluruh  wilayah kerja Lembaga Pelayanan Kristen (LPK) partisipan JKLPK di NTT.

Belajar dari kerja-kerja baik yang dilakukan oleh CIS tentang bagaimana mendampingi masyarakat menghadapi kekeringan dengan bertanam air kiranya dapat menjadi pembelajaran bersama untuk dikembangkan, serta menjadi satu model keberhasilan mengatasi kekeringan di NTT. Hal, ini perlu diperluas, dan menjadi model yang dapat di duplikasi di wilayah NTT, sehingga mendorong kebijakan pemerintah daerah terkait untuk kemandirian air menjadi penting.

Diskusi hari ini membahas mengenai bagaimana kerjasama dapat dilakukan, dimulai dari bagaimana diskusi di LPK partisipan akan dilakukan, dan melakukan FGD dengan masyarakat di Desa Batuinan - Pulau Semau Kabupaten Kupang, wilayah pelayanan CIS untuk bersama membuat draf usulan kebijakan terkait keberhasilan mereka. Semoga proses belajar bersama ini dapat berjalan dengan baik. 

IKUTI MEDIA SOSIAL JKLPK INDONESIA

Designed & Developed by Rivcore Corporation