Ibadah Pembukaan Konas XIV

Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia, Pendeta Gomar Gultom, menyampaikan Firman Tuhan dalam acara ibadah pembukaan Konsultasi Nasional XIV JKLPK, Kamis, (25/5). Renungan Firman diambil dari Kitab Roma 13: 8-14 yang juga menjadi rujukan bagi JKLPK merumuskan tema Konas kali ini, yaitu Bertransformasi untuk Berdampak”. Sedangkan Sub Tema Konas sendiri adalah “Memperkuat Semangat Transformasi Berjejaring Menuju Penegakan Demokrasi dan Hak Asasi Manusia”.

Pendeta Gomar Gultom dalam pesannya kepada peserta, mengingatkan kita bersama untuk menjauhkan sifat rakus dan serakah. Kita sebagai umat percaya memiliki utang yang tidak terbayarkan, yaitu kasih. Kasih seharusnya menjadi inti pelayanan setiap Lembaga Pelayanan Kristen di masyarakat. Wujud kasih itu adalah membela orang-orang miskin, termajinalkan, dan terpinggirkan. Mereka adalah orang-orang yang sebagian besar berada di sekitar kita, namun masih sering kita abaikan.

Konsultasi Nasional (Konas) sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen di Indonesia (JKLPK) berlangsung di Aula SLB Pembina Nasional Bagian C Kec. Lawang, Kab. Malang, Jawa Timur selama tiga hari dan berakhir pada Sabtu, 27 Mei 2023.

Peserta Konas adalah LPK Partisipan JKLPK dari 12 Region dan turut mengundang tamu mitra-jaringan untuk acara pembukaan. Peserta akan membahas agenda, antara lain, Laporan Pertanggungjawaban pengurus, membahas isu-isu strategis baik di tingkat Region maupun nasional, Pemutakhiran (up date) jumlah partisipan setiap region dan pengesahan partisipan baru, serta menetapkan lokasi penyelenggaraan Konsultasi Nasional XV JKLPK.

Selain Konas, even yang berlansung bersamaan adalah EXPO Lembaga Pelayanan Kristen. EXPO ini bertujuan untuk 1) Menjalin hubungan dan komunikasi antara Lembaga-Lembaga Pelayanan Kristen dengan unsur pemerintah baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah, 2) Meningkatkan intensitas pertemuan dan meningkatkan kualitas jejaring antar Lembaga Pelayanan Kristen, 3) Memperluas jejaring bagi Lembaga-Lembaga Pelayanan Kristen yang terlibat dalam isu-isu strategis di masyarakat, 4) Meningkatkan kemampuan dan wawasan peserta dari Lembaga-Lembaga Pelayanan Kristen terhadap isu-isu kontemporer di masyarakat, dan 5) Mengenalkan profil lembaga dan produk dari Lembaga Pelayanan Kristen kepada masyarakat luas.

IKUTI MEDIA SOSIAL JKLPK INDONESIA

Designed & Developed by Rivcore Corporation